Jakarta, CNN Indonesia

Raksasa teknologi Apple punya rencana berinvestasi di Indonesia senilai Rp1,6 triliun.

Hal itu terungkap usai CEO Apple Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4) pagi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang yang ikut hadir dalam pertemuan itu mengatakan jenis investasi produsen iPhone itu adalah membangun infrastruktur pendidikan, yakni Apple Developer Academy.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pusat pengembangan talenta di bidang IT itu bakal dibangun di empat daerah antara lain Bali, Batam, Surabaya, dan Tangerang Selatan, Banten.

“Nah itu nilai total investasinya sekitar Rp1,6 triliun dari keempat kota,” kata Agus.

Ia juga memastikan pemerintah akan mendorong Apple untuk membangun pabrik di Tanah Air. Sebab, Indonesia menurutnya memiliki kesiapan dalam mengadakan sejumlah komponen seperti baterai, kabel, dan lain sebagainya.

“Kami akan coba business matching dengan Apple apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap,” ujarnya.

Sebelum mengungkapkan keinginan berinvestasi di Indonesia. Apple sendiri sudah berinvestasi di negara Asia Tenggara lain, yakni Vietnam.

Sehari sebelum kedatangannya ke Indonesia, Tim Cook mengatakan ingin menambah investasi di Vietnam dan Asia Tenggara. Hal itu ia ungkapkan usai bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh.

Adapun investasi Apple di Vietnam telah mencapai US$15,84 miliar atau setara Rp256,79 triliun (asumsi kurs Rp16.211 per dolar AS). Investasi ini telah menciptakan 200 ribu lapangan kerja.

Saat ini, Vietnam akan membentuk kelompok kerja untuk mendukung investasi Apple.

“Hari ini, Apple mengumumkan akan meningkatkan belanja pemasok di Vietnam, seiring dengan kemajuan baru dalam inisiatif mendukung air bersih untuk sekolah-sekolah lokal,” kata Apple seperti dikutip dari Reuters, Selasa (16/4).

Saat bertemu dengan Cook, Chinh mengatakan bahwa Vietnam sedang mencari dukungan dari Apple untuk mengembangkan energi terbarukan serta pelatihan sumber daya manusia berkualitas tinggi.

Apple memproduksi iPad, AirPods, dan Apple Watch di Vietnam.

Perusahaan ini memiliki 25 pemasok di Vietnam pada 2022. Pemasok tersebut termasuk Foxconn, GoerTek, Luxshare, Intel, Samsung Electronics dan Compal.

Pemasok vendor utamanya, seperti Foxconn, juga berencana pindah ke Vietnam. Selain itu, beberapa diantaranya mengalihkan sebagian aktivitas ke luar Tiongkok di tengah ketegangan AS-China.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *